Selasa, 11 Desember 2012

Perawatan Kulit Wajah Berproblem Secara Manual (Part. 7)

Part 7


4.    Perawatan Kulit Dehidrasi
Kulit dehidrasi cenderung kasar karena kandungan air dan minyak dalam kulit sangat sedikit. Kosmetika untuk kulit dehidrasi pada dasarnya sama dengan kosmetika untuk kulit kering ataupun kulit menua. Kosmetika yang sifatnya pengobatan perlu dilihat kondisi kulit
secara seksama. Kosmetika utama antara lain :
a. Moisturizer atau pelembab,
b. Cleansing atau pembersih tipe O/W,
c. Tonic atau penyegar yang kadar alkoholnya rendah,
d. Krim pemupuk,
e. Krim yang mengandung AHA untuk membantu melepaskan sel kulit yang sudah mati,
f. Skin peeling cream/lotion,
g. Masker paraffin/lilin/masker minyak hangat (warm oil mask), serta
h. Alas bedak dengan bahan bakar minyak.
Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum perawatan :
a. Pemakaian masker paraffin harus diperhatikan suhu lilin dan apabila kondisi couperose/broken capilaries, area tersebut harus dioleskan vaselin terlebih dahulu sebelum pengolesan masker paraffin
b. Penggunaan sinar infra merah, saat pengolesan warm oil mask, pada area yang terlihat pembuluh darah atau adanya luka harus diolesi vaselin dan ditutup kapas lembab.
c. Skin peeling, dilakukan dengan gerakan yag lembut agar tidak menimbulkan iritasi kulit.

Perawatan kulit dehidrasi sehari-hari yaitu pembersihan dengan menggunakan susu pembersih seperti halnya pada perawatan kulit kering, kulit menua maupun kulit sensitif. Kulit dehidrasi memiliki kecenderungan kasar maka pada siang dan malam hari dapat diberikan krim pelembab dan apabila kulit sudah tersasa halus, penggunaaan krim yang mengandung AHA (Alpha Hidroksil Acid) dihentikan.

Perawatan secara berkala dapat dilakukan skin peeling, penggunaan masker paraffin/ wask mask, dibuat dari camputran 98 gram paraffin wax dan 126 gram petroleum jelly yang dilelehkan, pemakaian warm oil mask yang dibantu dengan sinar infra merah, dan kompres handuk lembab hangat untuk membuka pori-pori.

Khusus Perawatan Kulit Berkomedo atau Berjerawat di bahas di artikel berikutnya ya dear.. J

0 comments:

Posting Komentar