Selasa, 11 Desember 2012

Perawatan Kulit Wajah Berproblem Secara Manual (Part 1)



Enjoy Read It :)

Problem kulit yang umum terjadi pada kulit wajah mencakup kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit sensitif, kulit menua, kulit dehidrasi dan kulit berkomedo atau berjerawat.

1. Perawatan Kulit Kering
Keseimbangan kadar minyak pada kulit kering cenderung terganggu, yakni kandungan lemak pada kulit kering sangat sedikit, sehingga pada kulit kering mudah terjadi penuaan dini yang ditandai keriput, mudah timbul noda hitam, kulit terlihat kasar dan bersisik serta terlihat lelah dan kusam. Oleh karena hal tersebut, maka perawatan kulit kering lebih bersifat pemberian nutrisi, agar kadar minyak tetap seimbang dan kulit senantiasa terjaga kelembabannya.
Kulit kering memerlukan pembersih lunak yaitu pembersih yang mengandung pelembab seperti minyak zaitun atau pembersih yang berbentuk krim. Hindari bahan pembersih berkadar alkohol tinggi. Lakukan pemupukan kulit menggunakan pelembab yang mengandung gliserin, hyaluronic acid atau demithicone. Zat-zat yang terkandung dalam pelembab tersebut merupakan humectant. Sifat humectant menarik air dari dalam kulit dan dari udara sekitar, sehingga proses dehidrasi kulit tidak berlanjut.
Bahan pembersih untuk jenis kulit kering sebaiknya dipilih kosmetik yang berbahan dasar minyak atau oil-based, tipe W/O (kadar minyak lebih tinggi dari kadar air). Jenis kulit kering
mengeluarkan minyak lebih sedikit dari pada jenis kulit lainnya, oleh karena itu biasakan memakai tabir surya atau pelembab yangmengandung tabir surya dan zat antioksidan terutama jika melakukan kegiatan di luar rumah. Perawatan kulit kering juga dapat dilakukan secara rutin yaitu setiap hari dan secara berkala.

Perawatan kulit kering yang dilakukan setiap hari meliputi :
a. Pembersihan wajah dan leher dengan krim pembersih yang mengandung emollients untuk mencegah dehidrasi. Angkat dengan waslap yang telah dicelupkan dalam air hangat.
b. Selanjutnya bubuhkan face lotion pada sepotong kapas, tepuktepukkan ke seluruh wajah dan segera gunakan pelembab.

Perawatan kulit kering yang dilakukan secara berkala, antara lain setiap 10 hari sekali dengan cara :
a. Mengoleskan krim pemijat ke seluruh wajah, leher, dada atas dan pundak setelah wajah dibersihkan. Lakukan pemijatan dengan lembut dan hati-hati.
b. Angkat krim pemijat dengan air hangat hingga bersih.
c. Siapkan masker untuk kulit kering. Oleskan campuran masker ke seluruh wajah dengan bantuan kuas. Cara mengoleskan mulai dari dagu, pipi kanan, pipi kiri, hidung dan dahi.
d. Biarkan masker kering dengan sendirinya selama + 30 menit dan istirahatkan agar diperoleh hasil maksimal.
e. Angkat masker dengan handuk kecil yang telah dicelupkan dalam air hangat.

0 comments:

Poskan Komentar